Rabu, 13 Maret 2013

SEO



SEO dan Probabilitas Transaksi

Jika seorang SEO berhasil dalam page rank baik pada mesin pencari seperti Google atau Yahoo dengan berbagai kata kunci, sehingga banyak pengunjung untuk suatu website, maka logikanya jumlah transaksi seharusnya menjadi ramai seperti yang diinginkan oleh pemilik Website. Tetapi ternyata dalam berbagai kasus tidak selalu demikian. Namun jika hal ini terjadi, janganlah lantas usaha SEO di hentikan. Karena bila dihubungkan dengan probabilitas maka akan ada kesimpulan bahwa dengan pengunjung yang ramai transaksi tidak banyak, apalagi bila pengunjung sepi.
Dalam dunia SEO, pengalaman dari ribuan situs secara acak, didapat kesimpulan bahwa situs dengan jumlah pengunjung banyak/ramai dibanding dengan situs lain yang jumlah pengunjungnya hanya sedikit, maka probabilitas untuk terjadi suatu transaksi tentu lebih banyak pada situs yang pengunjungnya ramai. Usaha yang sangat tergantung pada jumlah pengunjung situs, misalnya perusahaan ekportir, atau perusahaan yang menjual produknya ke luar daerah atau ke luar pulau. Industri ini antara lain : handycraft (kerajinan tangan), perusahaan mebel, elektronik, dsb. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, terutama untuk konsumen yang berada di luar daerah, seperti : biro konsultan, jasa pembuatan website, pengacara, pembuatan program akuntansi dan yang paling vital adalah pada usaha periklanan lewat internet. Tanpa pengunjung usaha ini akan tutup.
Apabila hal di atas terjadi, maka yang perlu dirubah adalah kata kuncinya. Mungkin banyak kata kunci atau konten postingan/artikel yang dipakai website tersebut tidak berhubungan dengan bidang usahanya. Jika sebuah situs bergerak dalam bidang design website, maka sebaiknya konten, artikel yang ada di dalam situs tersebut harus banyak mengandung kata yang berhubungan dengan design web, maka gunakan kata-kata yang berhubungan dengan design web seperti : desain web, web murah, web yang bagus, perancang web, web profesional pembuatan web, ahli web, terima buat web design, bikin web, dsb.
Biasanya orang yang menggunakan kata kunci tsb di atas adalah orang yang ingin membuat web atau minimal ada hubungannya dengan web design. Kalau kata kunci itu berhasil dalam top rank tentu probabilitas terjadinya transaksi yang berhubungan dengan design web akan naik dengan sendirinya.

Macam-macam Teknik SEO
Ada dua macam atau dua jenis teknik SEO yang biasa dilakukan orang agar website, situs, blognya terpublikasikan kepada khalayak ramai dan gampang ditemukan melalui search engine. Dua teknik itu adalah :
- On Page dan
- Off Page
On Page adalah teknik SEO dengan mengedepankan metode yang menitik beratkan pada tema, tampilan website/design website dan isi/konten website tersebut. Tentu saja ketiga hal tersebut harus saling mendukung. Tampilan website atau design website sebaiknya dibuat sesuai dengan tema dari website tersebut, begitu juga dengan isinya.
Off Page adalah teknik SEO dengan mengedepankan metode yang menitik beratkan pada banyaknya link yang mengait pada website/situs atau blog tersebut. Untuk membangun link-link ini bisa dilakukan dengan mengikuti milis-milis, pengiriman email, mengisi komentar pada blog-blog atau website lain, chatting, facebook, buku tamu dan sebagainya.


Macam-Macam Teknik SEO Untuk Meningkatkan Rangking Di Google


1.    White hat SEO adalah teknik yang tidak hanya tentang mengikuti aturan sebuah mesin pencari, akan tetapi ini juga untuk memastikan bahwa artikel yg kita posting benar adanya milik kita dan sesuai dengan judul, ini akan meningkatkan peringkat kita di mesin pencari, visitor akan melihatnya dan akan kembali lagi. Atau ibaratnya white hat seo itu membuat konten untuk pencari, bukan untuk mesin pencari dengan tentunya membikin konten yang mudah diakses oleh spider.
Note: Untuk mendatangkan banyak visitor biasanya butuh proses yang lama, akan tetapi teknik ini belum tentu akan sesuai dengan keinginan kita (tidak menganjurkan teknik ini)
2.    Black hat SEO adalah sebuah teknik kebalikan dari white hat SEO, yaitu berusaha meningkatkan peringkat di mesin pencari dengan cara-cara yang tidak diperbolehkan mesin pencari, ibaratnya menipu atau melanggar mesin pencari itu sendiri. Dan ini adalah beberapa teknik black hat : keyword stuffing, menyembunyikan tulisan dan link-link, doorway dan cloaked pages, ternak link dan nyepam komen di blog.
Note: Untuk mendatangkan banyak visitor sangat cepat dan tentunya akan hilang dengan cepat pulak. akan tetapi teknik ini belum tentu akan sesuai dengan keinginan kita (Dan juga tidak melarang menggunakan teknik ini)
3.    Grey hat SEO (abu-abu, tidak putih dan tidak hitam) adalah sebuah teknik yang tidak sepenuhnya menggunakan teknik kedua diatas atau mungkin menggabungkan keduanya. Mungkin juga ini transformasi dari white ke black ato black ke white (meninggalkan tapi tidak meninggalkan sepenuhnya mencari celah diantara keduanya, istilahnya bisa dibilang sebuah teknik yang menggunakan teknik black hat untuk mencapai hasil white hat)

SEO dan Penerapannya
Dalam sebuah website , faktor utama perkembangan website adalah traffic/lalu lintas pengunjung. Traffic merupakan indikator larisnya website kita oleh pengunjung. Dalam hal ini ada beberapa faktor untuk mendapatkan traffic, mulai dari promosi offline (menyebar brosur, menempelkan sticker nama website kita, mencantumkan nama domain di kartu nama kita, dll) hingga promosi online. Dalam hal ini promosi online merupakan satu proses dari SEO (Search Engine Optimization).
Dalam artikel ini akan menyampaikan apa itu SEO, macam-macam SEO, bagaimana melakukannya, dan berapakah cost yang kita keluarkan untuk ini.
SEO adalah suatu proses halaman website agar dapat di kenali/dibaca lebih baik oleh Search Engine(Mesin Pencari), beberapa mesin pencari yang kita kenal yaitu Google, Yahoo, Ask, MSN search, Bing, serta yang terbaru di tahun 2010 yaitu Yandex. SEO utamanya melibatkan halaman website itu sendiri dan juga tidak menutup kemungkinan melibatkan halaman website lain (related).

Macam-Macam SEO
Dalam hal ini proses SEO juga bermacam-macam ada blackhat SEO dan whitehat SEO. Dari namanya kita bisa tahu perbedaan keduanya.
Proses dan hasil yang membedakan keduanya. Proses blackhat SEO antara lain membeli traffic(traffic palsu), spamming (menyebarkan email ke alamat email client menggunakan bot). Proses whitehat SEO tergolong lebih lama dan tidak otomatis seperti blackhat SEO, namum hasilnya tentu berbeda, jika menggunakan blackhat SEO website kita akan lebih cepat di Index di mesin pencari namun tidak akan bertahan lama karena tentu mesin pencari akan menghapus situs yang dinilai melakukan blackhat SEO dan memasukkannya kedalam Spamdexing. Sangat berbeda jika kita melakukan SEO dengan whitehat SEO atau jujur. Website kita akan di Index pelan tapi pasti dan akan bertahan lama selama website tersebut konsisten dengan content dan kata kuncinya.

Bagaimana Melakukannya
Untuk melakukannya dalam hal ini kami akan membahas tentang whitehat SEO bukan yang blackhat. Sebelum kita melakukan proses SEO, kita pertama-tama harus tahu proses/system kerja dari search engine atau mesin pencari, system kerja search engine sudah dibahas di topik ini.
Syarat Website mampu untuk di optimalkan di hasil pencarian Search Engine, antara lain:
Search Engine menyukai Situs yang lama/terpercaya seperti halnya kita membeli air minum dengan merek yang lebih terkenal. Namun tidak menutup kemungkinan search Engine meng-index situs yang berusia di bawah 3 bulan. Asal dengan kerja keras dan tentunya promosi online.
Search Engine meng-Index situs yang berisi konten original bukan hasil copy-paste dari website lain, jika kita hanya mengisi website kita dengan copy-paste maka ranking kita akan di bawah website yang kita copy.
Search Engine Mengenali link kita dari sitemap.xml bukan dari menu yang kita design di halaman website, jadi buatlah sitemap.xml di root directory website anda. Sehingga dapat di akses seperti: http://toko-muslim.web.id/sitemap.xml
Search Engine Akan membaca website kita dengan urutan:
a.    Title Halaman, usahakan title halaman berkaitan dengan konten dan kata kunci halaman dan hindari "Untitle Document".
b.    Buat Meta Tags Description, Biasanya meta description adalah inti dari konten halaman web.
c.    Terapkan Search Engine Friendly, Gunakan mod_rewrite pada apache server untuk menggunakan SearchEngine Friendly. Url http://toko-muslim.web.id/index.php?id=345&session=345353453rfgerg5ADEwef akan lebih sulit di baca search engine daripada URL http://toko-muslim.web.id/produk-121-mixer-roti-dan-donat-murah.html
d.   Hindari kesalahan penulisan. Dengan adanya kata-kata yang salah ataupun di singkat akan membuat keywork tidak berfungsi dengan baik.

 

Top 10 Tips SEO Optimasi Website Anda

Teknologi mesin pencari telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa fitur baru telah diperkenalkan. Dalam rangka mencapai peringkat SEO yang lebih tinggi di Google, Yahoo, Anda harus mengoptimalkan situs web Anda. Sebuah situs yang dioptimalkan akan menghasilkan lebih banyak klik dankunjungan.

Berikut adalah beberapa dari peringkat Top 10 SEO tips untuk situs Web Anda:
1)   Anda harus menggunakan Meta tag yang tepat sehingga mesin pencari dapat dengan mudah mengenali situs / halaman web. Menggunakan judul meta akan membantu orang menemukannya dengan menggunakan nama dan deskripsi meta akan membantu orang menemukannya dengan topiknya. Usahakan meta tag akurat dan menghindari menambahkan kata kunci yang tidak terkait apapun, atau frase kunci dalam Meta Tag dari Anda
2)   Search engine menghargai situs yang lebih besar dibandingkan dengan yang lebih kecil. Dengan menambahkan konten yang berguna, Anda dapat benar-benar memperoleh SEO peringkat yang lebih tinggi. Ada pepatah lama di SEO industri "Content adalah Raja" dan sangat banyak benar.
3)   Tambahkan konten baru secara rutin. Website Anda harus bebas dari kesalahan juga.
4)   Gunakan headline dan subpos yang tepat untuk berbagai bagian konten Anda. Mesin pencari menggunakan kedua dalam menjelajahi dan kata-kata yang Anda gunakan di dalamnya akan menentukan syarat-syarat apa dari situs Anda diakui. Hindari over-mengisi situs Web Anda dengan kata kunci Anda.
5)   Tambahkan tag TITLE yang tepat dan Meta Description Tag. Anda juga harus menghindari memasukkan meta tag Anda dengan kata kunci yang tidak perlu. Hanya berisi kata kunci yang paling penting dan frase kunci dalam tag JUDUL situs Web Anda.
6)   Target kata kunci yang benar-benar mencerminkan bisnis Anda layanan / produk yang ditawarkan.
7)   Hindari mengisi website Anda dengan halaman yang tidak perlu di javascript atau flash. Mesin pencari menghadapi kesulitan dalam merangkak flash website.
8)   Cobalah untuk mendapatkan kembali link dari situs web berkualitas (tidak perlu tinggi Page Rank website).
9)   Anda bisa mengirimkan website Anda ke berbagai direktori di tempat yang relevan. Pastikan untuk menambahkan website anda di kategori yang paling relevan.
10)     Hindari teknik Black Hat SEO kecuali anda memiliki misi bunuh diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar